Fungsi dan Jenis-Jenis Invoice Penagihan

Fungsi dan Jenis-Jenis Invoice Penagihan

Invoice ialah sebuah dokumen yang sering kali dipakai untuk pernyataan tagihan yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli dimana invoice ini berisi mengenai perincian dari apa yang dibeli, mulai dari harga satuan, harga borongan, total seluruh harga barang dan juga tanggal transaksi.

Umumnya invoice penagihan maupun faktur dibuat dalam 3 rangkap, untuk yang pertama digunakan pada pembeli, yang rangkap kedua digunakan untuk penjual dan yang ketiga digunakan untuk arsip pada bagian penjualan atau keuangan. Lembar invoice ini adalah bukti transaksi yang dilakukan dengan cara kredit. Umumnya di seluruh perusahaan maupun bisnis, invoice excel ini akan selalu digunakan apalagi bagi perusahan dagang dan juga perusahaan jasa. Hal ini digunakan sebagai dokumen penagihan yang resmi pada pelanggan mereka.

Fungsi dan Jenis-Jenis Invoice Penagihan
Fungsi dan Jenis-Jenis Invoice Penagihan

Kegunaan dari invoice Penagihan

Sudah dijelaskan apa sih pengertian dari invoice di atas, secara umum fungsi dari invoice itu merupakan penagihan untuk pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Nah, berikut ini ada beberapa fungsi dari invoice yang lebih terperinci lagi.

  • Bisa menjadi informasi tentang barang atau jasa yang sudah dibeli oleh konsumen.
  • Bisa menjadi informasi seberapa besar tagihan pembayaran yang perlu di lunasi oleh konsumen.
  • Dapat dipakai sebagai rujukan yang abash apabila barang maupun jasa yang tertera akan dijual kepada pihak yang lainnya.
  • Untuk kasus yang tertentu, invoice bisa dipakai menjadi rujukan yang valid sebagai invoice pajak.
  • Untuk rujukan apabila terjadi kesalahan pada pengiriman barang maupun perhitungan total seluruh tagihan.

Jenis- Jenis invoice Penagihan

Tentunya Anda penasaran sebenarnya ada berapa jenis dari invoice itu, sebenarnya ada 3 jenis invoice yang dapat digunakan. Dan ketiga invoice inilah yang juga sering digunakan oleh sebuah perusahaan maupun bisnis. Simak ulasan dibawah ini:

  • Invoice biasa

Untuk yang pertama ada invoice biasa, yang mana invoice ini adalah jenis yang paling kerap dan biasanya dipakai pada saat melakukan transaksi yang sederhana. Bahkan model invoice biasa ini juga sangat sederhana, yakni rincian item beserta dengan jumlahnya, harga item, dan juga harga total seluruh barang.

  • Invoice proforma

Untuk yang kedua adalah invoice proforma, dimana memiliki sifat sementara yang diberikan pada pelanggan sebelum adanya pengiriman seluruh barang yang dipesan oleh penjual pada konsumen. Yang artinya, jika invoice proforma ini merupakan invoice pengganti pada saat barang yang di kirim dilakukan dengan cara berkala. Pada saat semua pesanan yang sudah diterima oleh pelanggan maka penjual juga akan menyerahkan invoice dapat digunakan untuk mengganti invoice proforma.

  • Invoice konsuler

Untuk yang terakhir merupakan jenis invoice konsuler ini khusus dipakai pada perdagangan internasional maupun sebuah kegiatan eksport dan import. Pada invoice konsuler ini wajib pada pengesahan dan juga persetujuan dari perwakilan dari Negara yang melakukan impor maupun atase perdagangan, kantor konsuler dan juga kedutaan besar bagi Negara untuk pengimpor pada Negara yang melakukan ekspor.

Nah, untuk Anda yang tengah kebingungan ingin membuat invoice excel maka gunakan saja invoice penagihan paper yang bisa memudahkan Anda dalam pembuatan invoice.