Cari Smartphone Android dan Install Game Android ? Di Roxy Mas Aja

Cari Smartphone Android dan Install Game Android ? Di Roxy Mas Aja

Akhir bulan ini menjadi siklus yang tak meng- enakkan bagi beberapa pedagang ponsel, utamanya di pusat perdagangan ponsel terbesar di Tanah Air, Roxy Mas. Pengunjung terbilang sepi, begitu pula transaksi jual beli yang terjadi. Selain tanggal tua yang menjadi alasan klasik, hujan yang terus mendera Jakarta dan sekitarnya, menghambat kedatangan pengunjung. “Wah akhir bulan ini bisa dibilang kelabu, Mas. Pengunjung bisa dikatakan kurang, begitu pula pembelinya, juga tak banyak. Omset menurun deh,” tutur Mutia, seorang pedagang ponsel di lantai 3 Roxy Mas. Padahal, stok ponsel pedagang sangatlah lengkap, terutama dari kelas menengah dan kelas ponsel murah.

Sementara dari tipe ponsel yang banyak dicari, ponsel Android masih menunjukkan keperkasaannya. “Pembeli pada balik lagi ke Android, setelah sebelumnya mencoba-coba tipe lain seperti Windows dan BlackBerry,” tuturnya lebih lanjut. Ya, dengan variasi pilihan yang paling banyak, dengan harga yang makin terjangkau, Android tetap menjadi incaran pembeli. Toko lain juga menyampaikan hal senada. Seperti disampaikan penjaga toko Studiohp di lantai 1 Roxy Mas. “Di sini yang laris tuh yang Android ya, ada juga iPhone,” tuturnya. Selain di Roxy Mas, toko ini punya cabang di Cempaka Mas lantai 4 serta toko online yang cukup lengkap. Asep, petugas di jaringan toko ponsel Point2000 di Pluit Village, menyampaikan kondisi di tokonya menunjukkan selera yang sama. Menurutnya, ponsel yang laris masih didominasi Android. “Untuk tipenya ada Android merek lokal atau branded, seperti LG, Samsung, Sony. Tapi yang lebih dicari sih yang merek Samsung,” kata Asep. Toko yang buka sampai jam 10 malam ini juga punya stok ponsel papan atas seperti LG Flex, Galaxy Note 3, Galaxy Mega, Galaxy Note 8.0, hingga BlackBerry Porsche yang berharga belasan juta. Namun, peminatnya memang tak sebaik ponsel Android. “LG Flex di sini harganya kena Rp9,9 juta, tapi kalau bayar cash dapat diskon jadi hanya Rp9.7 juta. Barang ready, tapi yang cari memang jarang. Mungkin karena harganya juga tinggi ya,” tutur Asep.

Aksesori Warna-warni

Pasar produk aksesori sungguh dinamis. Perubahan terjadi dengan cepat, terutama coraknya. Sementara jenis produknya tentu saja tetap, seperti casing, gantungan ponsel, sarung, charger, powerbank, dan lainnya. Bulan lalu karak ter Minion yang banyak dipajang. Kini yang marak adalah aksesori dengan warna-warni menyolok. Terlihat lebih segar dan semarak, tak lagi sekadar warna hitam atau abu-abu seperti banyak diproduksi oleh vendor ponsel branded. Seperti dituturkan oleh petugas toko Queen di lantai 1 Roxy Mas, saat ini aksesori yang banyak dicari adalah variasi warna. Ada charger untuk Samsung dan Blackberry dengan warna-warni, seperti merah, biru, hijau dan lainnya. Begitu pula powerbank, tampil dengan warna-warna menyolok. Powerbank murah dengan kapasitas rendah terbilang laris, misalnya merek Vivan 2300 mAh yang harganya hanya Rp 75 ribu saja. Berbentuk seperti baterai AA memanjang, powerbank ini juga tersedia dalam beragam warna yang cerah. Barang lain yang banyak dicari adalah baterai untuk semua merek ponsel, yaitu yang berjenis ori-orian, seperti pernah kami bahas di edisi lalu. Hal yang patut disayangkan adalah kurangnya ketersediaan aksesori untuk merek LG, baik baterai maupun casing dan sarung.